Boogie Apparel

5 Tips Keselamatan Saat Terjadi Gempa
5 Tips Keselamatan Saat Terjadi Gempa

7 Tips Keselamatan Diri Ketika Terjebak Di Tengah Kerumunan

Indonesia termasuk ke dalam lima besar negara dengan frekuensi gempa tertinggi sepanjang tahun bersama dengan Jepang, China, Tonga dan Fiji. Hal ini disebabkan Indonesia berada dalam jalur lingkaran gunung berapi aktif hindia dan pasifik.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami prosedur keselamatan dasar apabila terjadi gempa bumi. Mari kita simak 5 tips keselamatan saat terjadi gempa bumi dari Boogie :

1. Keselamatan Diri Saat Berada Di Dalam Ruangan

Saat berada di dalam ruangan, potensi bahaya terbesar bagi keselamatan diri Anda saat gempa adalah tertimpa reruntuhan atau benda besar. Perhatikan lingkungan sekitar Anda, segera berjalan keluar ruangan apabila Anda berada dekat dengan pintu keluar.

Lindungi kepala Anda dengan kedua tangan Anda atau benda-benda keras yang bisa melindungi kepala Anda. Apabila sulit mencari jalan keluar, pastikan Anda bergerak menjauhi benda-benda besar seperti lemari, rak, atau kulkas yang bisa saja terjatuh karena guncangan gempa. 

Jauhi pula benda-benda menggantung di atas langit-langit seperti lampu atau kipas gantung. Anda juga dapat berlindung dari runtuhnya bangunan dengan berlindung di bawah meja atau ranjang.

2. Keselamatan Diri Saat Berada Dalam Gedung Bertingkat

Berada di dalam gedung bertingkat saat gempa merupakan situasi yang cukup berbahaya. Prioritas pertama yang harus Anda lakukan adalah turun ke lantai dasar dan keluar dari gedung melewati tangga darurat.

Teruskan perjalanan ke luar bangunan walaupun gempa berhenti di tengah perjalanan karena bisa saja terjadi gempa susulan. Jangan turun ke lantai dasar menggunakan elevator karena guncangan gempa bisa merusak elevator. 

Jauhi jendela dan partisi yang terbuat dari kaca. Hindari berdesak-desakan apabila Anda berada di tengah keramaian.

3. Keselamatan Diri Saat Berada Di Luar Ruangan

Berada di luar ruangan saat gempa bukan berarti Anda sudah benar-benar terbebas dari bahaya. Anda bisa saja tertimpa benda-benda tinggi yang tumbang karena guncangan hebat.

Perhatikan lingkungan sekitar Anda, akan sangat baik apabila Anda menunggu gempa bumi selesai di area terbuka yang lapang. Jauhi benda-benda besar dan tinggi seperti pepohonan, papan reklame, fly over, atau tiang listrik. Jarak aman yang disarankan adalah 1.5 kali dari perkiraan ketinggian benda.

4. Keselamatan Diri Saat Berada Dekat Dengan Pantai

Gempa Bumi bisa saja diikuti dengan potensi terjadinya bencana tsunami. Ketika terjadi gempa di sekitar pantai, segera bergerak sejauh mungkin dari garis pantai.

Terus bergerak menjauhi garis pantai walaupun gempa sudah berhenti. Akan lebih baik apabila Anda dapat menemukan dataran yang lebih tinggi sebagai tempat berlindung.

5. Keselamatan Diri Saat Bekerja Di Proyek Konstruksi

Situasi gempa menjadi sangat kritis saat bekerja di wilayah proyek konstruksi bangunan besar dan tinggi seperti bendungan atau gedung bertingkat yang masih belum selesai. Konstruksi bangunan yang belum selesai cenderung lebih rawan mengalami kerusakan karena guncangan hebat.

Bergerak menjauh dari konstruksi yang belum stabil dan juga alat-alat tinggi dan menggantung seperti crane. Apabila berada dekat dari tebing terjal segera menjauh. Tetap berlindung di dalam alat berat apabila pekerja sedang mengoperasikan alat berat.

Di samping semua prosedur keselamatan di atas, prosedur K3 dasar seperti mengenakan alat pelindung diri dan tidak berada di zona berbahaya menjadi syarat minimum yang harus selalu dipatuhi karena gempa bisa terjadi kapan saja. 

Alat pelindung diri seperti helm, sepatu pelindung, dan pakaian dengan visibilitas tinggi baik rompi atau wearpack reflektor harus selalu dikenakan dalam kondisi apapun selama berada di dalam area proyek konstruksi.

Tidak sembarang penjahit atau vendor yang dapat memproduksi dan menyediakan pakaian reflektor sesuai dengan persyaratan K3 di proyek konstruksi.  Dibutuhkan pengalaman dan keterampilan lebih dalam mendesain dan memproduksi pakaian khusus K3 tersebut. 

Boogie Apparel Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang saat ini berfokus dalam mengembangkan produk-produk pakaian khusus untuk kebutuhan berbagai profesi di tanah air.

Artikel Terkait

Artikel Terkait