Boogie Apparel

Boogie Corporate Industrial Medical Apparel Vendor Jaket
model jaket

10 Pilihan Model Jaket Seragam Sesuai Demografi Kantor Anda

10 Pilihan Model Jaket Seragam Sesuai Demografi Kantor Anda

Daftar Isi

Jaket masih merupakan salah satu pilihan seragam paling diminati di 2023 dan akan berlanjut di 2024. Berbagai pilihan model jaket seragam kantor pun terus berkembang setiap tahunnya seiring generasi yang lebih muda memasuki usia kerja.

Memiliki jaket seragam di kantor dianggap dapat membuat tim lebih kompak. Hal ini dikarenakan ada kesamaan identitas busana yang memperkuat rasa kebersamaan. Mengenakan jaket dengan identitas kantor juga memberikan rasa bangga memakainya pada kegiatan internal kantor atau di luar kantor. 

Selain sebagai seragam dan identitas, jaket juga sering digunakan untuk merchandise atau penghargaan kepada karyawan setelah berjuang bersama perusahaan selama setahun lamanya. Engagement karyawan yang menerima hadiah jaket tersebut juga tentunya akan meningkat. Siapa sih yang tidak akan senang saat menerima hadiah?

Tapi tunggu dulu. Jangan karena sudah ada anggarannya dari perusahaan maka kita bisa asal saja membuat jaket tanpa memperhatikan selera dan demografi teman-teman karyawan di kantor.

Akan rugi sekali jika perusahaan sudah mengeluarkan dana untuk memproduksi jaket dengan jumlah besar namun karyawan tidak mau pakai karena tidak suka dengan desain jaket yang dibagikan. Supaya tidak terlanjur salah pilih desain jaket yuk kita simak dulu 10 pilihan model jaket untuk seragam sesuai demografi kantor Anda versi Boogie Apparel!

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Jaket Bomber Varsity & Fleece

1. Jaket Varsity

model jaket baseboall varsity

Sumber : Koleksi Aset Foto Boogie Apparel

Jaket Varsity atau Jaket Baseball masih akan menjadi salah satu pilihan jaket yang diminati karyawan di perusahaan sepanjang 2024. Semakin bertambahnya karyawan di usia 20an yang lahir di awal tahun 2000 membuat jaket varsity semakin banyak diminati.

Teman-teman karyawan yang lahir tahun 2000an ini kebanyakan pasti pernah memakai jaket varsity selama sekolah atau kuliah, atau juga di komunitas olahraga mereka. Mereka ingin mengulang kembali rasa kekompakan dan kesenangan mengenakan jaket varsity di kehidupan profesional mereka.

Suasana muda yang muncul ketika mengenakan jaket varsity ini juga ditangkap oleh teman-teman karyawan yang sudah berusia 30-an sampai menjelang awal 40. Jaket varsity juga sudah banyak dipakai di kalangan tokoh hiburan atau pemerintahan yang membuat jaket varsity ini sudah akrab dilihat oleh teman-teman di generasi tersebut.

Jaket Varsity juga memiliki pilihan warna yang sangat luas dan beragam. Atribut-atribut sticker dan logo perusahaan atau divisi juga dapat disematkan secara luas di bagian dada, punggung, bahkan lengan dengan posisi yang tidak beraturan sesuai selera desain.

Namun jaket varsity sepertinya tidak terlalu diminati oleh teman-teman yang bekerja di area terbuka seperti transportasi, logistik, perkebunan atau pertambangan. Hal ini dikarenakan jaket varsity yang memiliki bahan yang tidak tahan air dan warna yang mudah luntur jika terlalu sering terpapar perubahan cuaca luar.

2. Jaket Bomber

vendor jaket bomber seragam kantor

Sumber : Koleksi Aset Foto Boogie Apparel

Semenjak terkenal karena dipakai oleh presiden di pertengahan masa jabatannya. Jaket bomber menjadi sangat digemari untuk dipakai di berbagai kalangan profesional. Jaket bomber menjadi pilihan karena kekuatan bahannya dan dapat dikenakan di berbagai kegiatan baik di dalam atau di luar ruangan.

Jaket Bomber sekarang banyak juga dipakai oleh jajaran direksi dan top manajemen perusahaan dan pemerintahan. Model jaket ini menjadi simbol yang tidak terlalu kaku dan inklusif baik di kalangan muda maupun tua.

Pilihan warna jaket bomber pun beragam. Tersedia mulai dari warna-warna bumi (earth tone) hingga warna-warna cerah dan mencolok. Jaket Bomber juga dapat dipakai dalam kegiatan event dan menjadi merchandise di internal perusahaan. 

Namun jaket bomber sepertinya belum terlalu banyak digunakan untuk kegiatan formal eksternal perusahaan atau pendidikan karena masih memiliki sentuhan desain kasual yang kuat. Jaket bomber juga memiliki ruang yang terbatas untuk mengeksplorasi bordir logo atau variasi pola jika dibandingkan jaket varsity.

Umumnya jaket bomber hanya dapat di bordir di sekitar punggung,dada dan sebagian atas lengan. Hal ini dikarenakan jaket bomber memiliki fitur kantong dan resleting yang lebih banyak dibandingkan varsity.

Minat terhadap Jaket Bomber bagi generasi fresh grad 20an awal mungkin sudah mulai menurun dikarenakan model jaket bomber yang bagi mereka sudah mulai old school. Jaket bomber juga terkesan  terlalu tegas dan maskulin tidak seperti jaket varsity yang memiliki banyak keleluasaan variasi desain.

3. Jaket Fleece

model jaket fleece

Sumber : Koleksi Aset Foto Boogie Apparel

Model Jaket Fleece banyak digunakan untuk seragam kantor yang sifatnya lebih santai dan penuh kebersamaan. Jaket Fleece melengkapi suasana perayaan seperti event gathering akhir tahun atau event olahraga.

Fleece dapat divariasikan dengan pilihan warna yang beragam. Saat ini mulai berkembang tren streetwear untuk jaket fleece dengan warna-warna yang lembut dan tanggung. Variasi two tone juga terus berkembang dalam perkembangan desain jaket fleece.

Model jaket fleece juga dapat divariasikan dengan bordir atau sablon logo dan tulisan di bagian dada sesuai dengan selera dan value perusahaan. Desain jaket fleece juga dapat disablon secara full printing agar dapat menciptakan variasi desain yang lebih luas dan unik.

Value perusahaan atau divisi secara singkat berupa tulisan dapat di sablon atau bordir di bagian dada. Desain ini dapat menimbulkan kesan kreatif dan lugas sesuai dengan perkembangan copywriting internal di perusahaan.

Seperti halnya Jaket Varsity, kecenderungan minat jaket fleece ini berkembang kuat di kalangan generasi yang lebih muda. Kesan yang kreatif, bebas, dan nyaman dipakai membuat fleece terus mengalami perkembangan desain dan fungsi pemakaian.

Namun kekurangan jaket fleece adalah masih terlalu casual jika digunakan untuk kegiatan formal. Bahan dan warna fleece juga tidak layak digunakan untuk kegiatan luar ruang sehingga hanya digandrungi oleh kalangan profesional di kota-kota besar dan bidang kreatif.

Baca Juga : Mengenal Bahan Kain Fleece Dan Karakteristiknya

4. Semi Formal

model jaket semi formal

Sumber : Koleksi Aset Foto Boogie Apparel

Jaket Semi Formal atau terkadang disebut jaket seminar atau jaket coach merupakan pilihan jaket yang masih digemari oleh kalangan generasi 30an akhir ke atas. Model jaket ini biasanya dipakai oleh kalangan pemerintahan atau pendidikan karena desainnya yang simpel dan nyaman dikenakan.

Jaket Semi Formal memberikan kesan resmi yang lebih kuat jika dibandingkan dengan model jaket lainnya. Model Semi Formal juga masih dapat dikenakan untuk kegiatan luar ruang secara terbatas.

Variasi Jaket Semi Formal pun terbatas. Bordir di bagian dada atau punggung berupa tulisan lembaga atau kegiatan. Biasanya jaket semi formal ini dikombinasikan dengan ransel atau tas dengan warna dan variasi bordir serupa sehingga menjadi kesatuan desain. Meskipun sudah peminatnya sudah semakin sedikit, Jaket Semi Formal masih layak dikenakan untuk kegiatan-kegiatan resmi untuk pemerintahan dan akademisi di generasi yang lebih senior.

5. Jaket Suede

konveksi jaket suede

Sumber : Koleksi Aset Foto Boogie Apparel

Suede sebetulnya adalah terminologi yang lebih merujuk kepada bahan dibandingkan model. Namun karena marak digunakan pada model jaket semi formal yang lebih eksklusif akhirnya suede pun berkembang menjadi sebuah cabang desain baru.

Jaket Suede banyak diminati oleh generasi 30an ke atas untuk melambangk kedewasaan, formalitas, dan juga maskulinitas. Model jaket ini cenderung dipakai secara eksklusif dan hadir dalam pilihan warna yang terbatas.

Variasi jaket suede juga sangat dibatasi supaya tidak menghilangkan kesan eksklusifnya. Biasanya bordir hanya dilakukan kecil di bagian dada atau lengan secara minimalis. Jaket Suede sangat cocok bagi kalangan direksi atau eksekutif yang ingin tampil formal namun tetap bergaya.

model jaket

6. Jaket Corduroy

model jaket corduroy

Sumber : stylo.grid.id

Mirip dengan Jaket Suede, model jaket corduroy sebenarnya berawal dari bahan tebal yang berat dengan jahitan yang kuat dan kancing logam. Namun seiring berkembangnya tren fashion, corduroy hadir dengan pilihan warna yang lebih luas dibandingkan suede. Warna-warna feminin yang glamor memberikan kesan kedewasaan yang berbeda dan dapat dipakai lintas gender.

Penggunaannya pun serupa dengan jaket suede untuk kegiatan yang cenderung lebih formal namun terkesan lebih bebas dan berwarna.

7. Jaket Kulit

model jaket kulit

Sumber : liputan6.com

Jaket kulit menjadi salah satu pilihan paling eksklusif bagi para direksi ataupun sebagai hadiah eksklusif. Penggunaan bahan kulit terutama yang asli sangat menggambarkan kemewahan dan penghargaan eksklusif kepada pemakainya.

Jaket kulit memiliki harga yang jauh lebih mahal karena keterbatasan bahan dan cara penjahitan yang lebih sulit. Model jaket ini sering juga dipadu dengan bahan kanvas atau denim untuk menjadikannya sedikit lebih kasual.

Variasi yang umum biasanya adalah dengan diembos logo perusahaan ataupun tulisan. Selain untuk kegiatan formal, jaket kulit juga umum digunakan oleh operator di bagian pengelasan dikarenakan kekuatan bahannya terhadap percikan api. 

8. Jaket Denim

model jaket denim

Sumber : rm.id

Jaket Denim atau dikenal juga sebagai jaket jeans dapat diterima secara luas oleh berbagai generasi. Namun penggunaan jaket jeans lebih bersifat terbatas karena tidak terlalu nyaman dikenakan seperti varsity atau fleece.

Jaket jeans biasanya dikenakan oleh industri pertambangan, otomotif, atau pengolahan logam karena bahan jeans sangat lekat penggunaannya di kalangan industri tersebut. Model jaket denim marak digunakan pada event-event semi formal seperti ulang tahun perusahaan dan family gathering. Walaupun penggunaannya terbatas, jenis bahan denim terus berkembang sehingga menghadirkan varian yang lebih halus dan nyaman.

Variasi logo dan tulisan dapat dilakukan secara maksimal terutama di bagian punggung untuk memperkuat identitas. Penggunaan resleting atau kancing dan juga penempatan berbagai jenis kantong di bagian dada dan perut juga dapat menjadikan jaket jeans semakin unik dan eksklusif. Ciri khas lainnya untuk memperkuat desain jaket denim adalah jahitan yang kuat dan tebal sebagai motif di sekitar kancing, bahu dan lengan.

9. Jaket Windbreaker

model jaket windbreaker

Sumber : Koleksi Aset Foto Boogie Apparel

Model jaket windbreaker umumnya dipakai untuk kegiatan luar ruang seperti di bidang transportasi, logistil, pertambangan dan konstruksi. Jaket windbreaker biasanya dikenakan oleh tim operator karena ketahanannya terhadap perubahan cuaca dan sifatnya yang tahan angin.

Windbreaker dapat dikembangkan pilihan bahannya sesuai fungsi penggunaan. Misalkan pada kegiatan di daerah panas, jaket windbreaker dapat dikombinasikan dengan inner yang sejuk dan ditambahkan ventilasi di bagian punggung. Sementara di kegiatan lingkungan dingin dapat dilengkapi dengan dakron untuk memberikan fungsi insulasi.

Windbreaker dapat diterima oleh berbagai generasi karena memang mengutamakan fungsi dibanding model jaket. Jaket windbreaker dapat dilengkapi dengan scotchlite untuk meningkatkan fitur keamanan dan keselamatan kerja. Bordir atau sablon juga dapat divariasikan di bagian dada, punggung, dan lengan atas sesuai selera perusahaan.

10. Jaket Track Top

model jaket tracktop

Sumber : Koleksi Aset Foto Boogie Apparel

Tracktop adalah model jaket yang penggunaannya terbatas hanya pada event olahraga. Jaket tracktop juga semakin sedikit digunakan seiring dengan perkembangan jaket olah raga lainnya seperti jaket UV atau fleece.

Namun kalangan pendidikan dan pemerintahan masih menggunakan model jaket tracktop untuk event olahraga dan kesehatan. Bahannya yang tebal dan menyerap keringat sangat nyaman digunakan dalam kegiatan olahraga.

Pilihan warna dan variasi desain yang sangat luas dapat dikembangkan sesuai selera perusahaan. Kustomisasi seperti sablon full print atau bordir logo dan tulisan juga dapat dimaksimalkan sehingga desain jaket dapat menjadi semakin unik.

10 model jaket di atas adalah alternatif yang dapat Anda coba supaya tidak perlu bingung dalam mendesain jaket seragam kantor sepanjang 2024. Semakin berkembangnya tren desain jaket maka semakin diperlukan produsen jaket yang terampil dan berpengalaman dalam mendesain dan memproduksi jaket sesuai impian.

Boogie Apparel adalah perusahaan yang telah lebih dari 10 tahun malang melintang mengerjakan berbagai kebutuhan desain jaket dari ribuan perusahaan di Indonesia dan mancanegara. Proses pemesanannya pun cukup mudah dan Anda tidak perlu khawatir apabila belum memiliki desain. Hubungi kami sekarang secara online untuk memulai konsultasi desain bersama tim expert designer dari Boogie Apparel.

Jika Anda ingin berkonsultasi secara gratis atau tertarik untuk bekerja sama dengan kami, silakan isi formulir di bawah ini dan tim kami akan segera menghubungi Anda.

Form Lengkap
Anda dapat memilih lebih dari satu
Anda dapat memilih lebih dari satu