Boogie Corporate Industrial Medical Apparel Vendor Jaket

5 Bahan Kaos Terbaik untuk Sablon: Nyaman & Tahan Lama

5 Bahan Kaos Terbaik untuk Sablon: Nyaman & Tahan Lama

Daftar Isi

Kaos sablon jadi pilihan favorit karena bisa dipakai oleh pria dan wanita untuk berbagai acara, baik formal maupun santai. Banyak jenis kaos yang bisa digunakan untuk sablon. Tapi tidak semua bahan cocok untuk hasil sablon yang bagus. 

Sebagian besar kaos polos yang dirancang khusus untuk sablon memiliki komposisi bahan utama berupa katun. Meski begitu, ada juga beberapa bahan lain yang bisa digunakan untuk proses sablon. Berikut ini 5 jenis bahan kaos yang terbaik untuk sablon. Simak artikel berikut ini lebih lanjut!

5 Bahan Kaos Terbaik Untuk Sablon

1. Polyester

 

Bahan Kaos Terbaik

Sumber: Gramedia

Polyester adalah bahan sintetis yang umum digunakan dalam pembuatan pakaian, termasuk kaos. Bahan ini terbuat dari polimer plastik, dan salah satu keunggulannya adalah daya tahan yang tinggi terhadap kerusakan dan keausan. Bahan ini cocok untuk sablon dengan desain yang rumit dan penuh warna.

 

Kelebihan dari bahan polyester adalah:

  • Tinta sablon meresap dengan baik dan tahan lama.
  • Warna sablonan lebih cerah dan tidak mudah pudar.
  • Bahannya cepat kering dan tidak mudah kusut.
  • Bahan polyester cenderung tahan terhadap noda, membuatnya lebih mudah untuk membersihkan dan merawat.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bahan Polyester yang Perlu Anda Tahu

2. Cotton Combed

Bahan Kaos Terbaik

Sumber: momoelizabethdowd

Cotton combed adalah jenis bahan katun yang terbuat dari serat kapas alami. Bahan ini diproses melalui proses penyisiran (combing) untuk menghilangkan serat pendek dan kotoran, menghasilkan benang yang lebih halus dan kuat. Bahan katun combed merupakan pilihan klasik dan terbaik untuk sablon.

 

Karakteristik Cotton Combed:

  • Nyaman dan sejuk: Bahan ini memiliki permukaan yang halus dan lembut, sehingga terasa nyaman di kulit. Sifat katun yang menyerap keringat membuatnya ideal untuk cuaca panas.
  • Tahan lama: Cotton combed memiliki ketahanan yang baik dan tidak mudah pudar. Bahan ini juga tahan terhadap pilling (bulu-bulu kecil) dan abrasi (gesekan).
  • Hasil sablonan tajam: Permukaan cotton combed yang rata dan halus menghasilkan hasil sablonan yang lebih tajam dan detail.
  • Tersedia dalam berbagai pilihan warna dan ketebalan: Cotton combed tersedia dalam berbagai pilihan warna dan ketebalan, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi.

3. Cotton Carded

Bahan Kaos Terbaik

Sumber: Ratextextile

Cotton carded adalah jenis bahan katun yang terbuat dari 100% serat kapas alami. Bahan ini diproses melalui proses carding untuk membuka dan menyisir serat kapas, menghasilkan benang yang lebih halus dan rata. Bahan ini bisa menjadi alternatif lebih ekonomis dibandingkan cotton combed untuk dijadikan bisnis sablon kaos. 

Karakteristik Cotton Carded:

  • Nyaman dan sejuk: Bahan ini memiliki permukaan yang halus dan cukup lembut, sehingga terasa nyaman di kulit. Sifat katun yang menyerap keringat membuatnya ideal untuk cuaca panas.
  • Harga terjangkau: Cotton carded merupakan pilihan yang lebih ekonomis dibandingkan cotton combed.
  • Daya serap tinta sablon yang baik: Bahan ini dapat menyerap tinta sablon dengan baik, menghasilkan sablonan yang cerah dan tahan lama.
  • Tersedia dalam berbagai pilihan warna: Cotton carded tersedia dalam berbagai pilihan warna, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi.

Baca Juga: Kain Drill: Bahan Tahan Lama dan Nyaman untuk Segala Aktivitas

4. Cotton Bamboo

Sumber: thecompanystore

Bahan Cotton Bamboo merupakan bahan kaos terbaik untuk sablon. Bahan ini terbuat dari campuran serat bambu dan serat kapas. Perpaduan kedua bahan alami ini menghasilkan kain yang memiliki banyak keunggulan. 

 

Kelebihan Cotton Bamboo:

  • Ramah lingkungan: Bambu merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan tidak memerlukan banyak pestisida, sehingga proses pembuatan kain cotton bamboo lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan kain lainnya.
  • Antibakteri: Serat bambu secara alami memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga kain cotton bamboo dapat membantu mencegah bau badan dan bakteri.
  • Sangat lembut dan sejuk: Bahan cotton bamboo memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut, sehingga terasa nyaman di kulit. Sifat kain yang sejuk membuatnya ideal untuk cuaca panas.
  • Daya serap tinggi: Cotton bamboo memiliki daya serap yang tinggi, sehingga dapat menyerap keringat dengan baik dan menjaga tubuh tetap kering.
  • Hypoallergenic: Bahan ini aman untuk kulit sensitif dan tidak mudah menyebabkan alergi.
  • Mudah dicuci dan dirawat: Cotton bamboo mudah dicuci dan tidak mudah kusut.

 

5. Blended Fabric

Sumber: beaut4ecotex

Blended fabric adalah kain yang terbuat dari campuran dua jenis serat atau lebih. Campuran ini dapat menggabungkan serat alami seperti katun, linen, dan sutra dengan serat sintetis seperti polyester, nylon, dan spandex. Bahan kaos ini cocok untuk sablon karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

Keunggulan Blended Fabric:

 

  • Lebih kuat dan tahan lama: Campuran serat dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan kain, sehingga tahan lama dan tidak mudah robek.
  • Lebih tahan kusut: Campuran serat sintetis dapat membuat kain lebih tahan kusut, sehingga mudah dirawat.
  • Lebih mudah kering: Campuran serat sintetis dapat membuat kain lebih mudah kering, sehingga tidak perlu dijemur lama.
  • Lebih murah: Campuran serat sintetis dengan serat alami dapat menurunkan biaya produksi kain.

 

Nah itu dia 5 jenis bahan kaos terbaik untuk sablon. Bagi Anda yang ingin membuat seragam kerja, Anda bisa kunjungi Boogie Apparel Indonesia. Boogie Apparel merupakan perusahaan konveksi yang sudah menangani berbagai jenis client baik perusahaan yang ada di Indonesia maupun luar negeri.

Jika Anda ingin berkonsultasi secara gratis atau tertarik untuk bekerja sama dengan kami, silakan isi formulir di bawah ini dan tim kami akan segera menghubungi Anda.

Form Lengkap
Anda dapat memilih lebih dari satu
Anda dapat memilih lebih dari satu