Boogie Corporate Industrial Medical Apparel Vendor Jaket

5 Jenis Baju Tambang Sesuai Kaidah K3

Bekerja di pertambangan merupakan salah satu profesi yang mengandung potensi bahaya. Pekerja Tambang harus memakai Baju Tambang atau pakaian safety agar dapat bekerja sesuai kaidah keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Berikut adalah 5 jenis pakaian tambang yang paling sering dipakai demi menjaga keselamatan 

Daftar Isi

1. Kemeja Lapangan (PDL) 

kemeja lapangan pdl baju tambang

Pakaian Dinas Lapangan biasanya berupa kemeja dengan bahan yang kaku dan tebal. Bahan yang tidak mudah tergores atau sobek diperlukan karena pekerja tambang berinteraksi dengan alat-alat berat. Baju Tambang yang satu ini biasanya juga dilengkapi dengan fitur reflektif yang menjadikannya dapat dipakai baik di siang dan di malam hari.

Baca Juga: Perbedaan Antara Baju Safety Dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL)

warna wearpack proyek merah

Wearpack atau pakaian kerja merupakan set baju kerja atas bawah yang memiliki warna mencolok. Warna yang mencolok biasanya berlawanan dengan warna lingkungan kerja. 

Seperti di pertambangan batu bara biasanya warna yang dipakai adalah warna-warna terang selain hitam. Sementara di daerah hutan akan dipakai baju tambang selain warna hijau.

Serupa dengan PDL, wearpack juga menggunakan bahan yang kaku dan tebal. Wearpack juga dilengkapi dengan fitur reflektif yang menjadikan keberadaan pekerja tambang lebih dapat dikenali di malam hari. Selain set baju tambang atas bawah, wearpack juga tersedia dalam model terusan (coverall).

Baca Juga: 5 Jenis Wearpack Berdasarkan Fungsi

Ingin Miliki Baju Tambang Bersertifikasi?

Konsultasikan Kebutuhan Baju Tambang Anda Sekarang!

3. Rompi Reflektor

rompi reflektor baju tambang

Rompi reflektor biasanya disediakan sebagai pilihan baju tambang untuk tamu yang tidak rutin bekerja di area pertambangan. Rompi reflektor bersifat wajib dipakai apabila akan memasuki area tambang tanpa menggunakan seragam tambang yang biasa dikenakan.

Terdapat beberapa jenis rompi reflektor tergantung tujuan penggunaan dan area kerja. Untuk area kerja yang bersuhu panas, biasanya disediakan rompi reflektor berbahan jala atau hanya berupa list kain dengan reflektor. Untuk area kerja yang sering terjadi hujan, rompi reflektor yang digunakan biasanya berbahan waterproof.

Baca Juga: 5 Jenis Rompi Safety Yang Paling Sering Dipakai​

4. Jaket Safety

jaket safety baju tambang

Jaket safety biasa digunakan sebagai luaran (outer) untuk melengkapi set baju tambang. Biasanya jaket safety juga dipakai saat transportasi keluar masuk area pertambangan ketika shifting.

Mirip dengan rompi reflektor, jaket safety juga menggunakan bahan berbeda tergantung tujuan dan area kerja. Jaket safety untuk bekerja di tempat dingin atau di malam hari biasanya dipertebal dengan bahan dakron untuk memberikan kehangatan. Jaket safety untuk area kerja yang lebih panas biasanya menggunakan sisi dalam puring jala atau dilengkapi dengan ventilasi. 

5. Celana Kargo

celana cargo baju tambang

Celana yang dipakai sebagai set baju tambang biasanya berbahan lebih tebal dan tidak mudah sobek. Dilengkapi dengan saku besar di bagian lutut untuk memudahkan membawa perlengkapan kerja. Saku bermulut besar memudahkan pekerja mengambil perlengkapan saat melakukan pekerjaan.

Beberapa model celana cargo dilengkapi juga dengan fitur reflektif dan berwarna kontras dengan area kerja untuk memudahkan pekerja dikenali keberadaannya. Celana cargo juga didesain lebar dan rata untuk memudahkan pekerja beraktivitas dengan berbagai macam posisi kerja.

Penutup

Form Lengkap
Anda dapat memilih lebih dari satu
Anda dapat memilih lebih dari satu

Artikel Terkait