Boogie Corporate Industrial Medical Apparel Vendor Jaket

5 Tips Pemilihan Warna Wearpack Dan Coverall Safety

Seragam Safety seperti wearpack dan coverall  merupakan salah satu komponen penting dalam keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Ada banyak detil yang harus diperhatikan dalam merancang desain wearpack dan coverall.

Detil-detil seperti pemilihan bahan, pola jahit, serta fitur-fitur seperti posisi kantong, garis reflektor dan juga resleting sangat menentukan kenyamanan pekerja yang mengenakan pakaian safety tersebut. Selain itu, detil yang penting untuk diperhatikan adalah pemilihan warna untuk wearpack dan coverall.

Pemilihan warna pada seragam safety membuat pekerja dapat lebih mudah dilihat keberadaannya di lingkungan kerja yang mengandung potensi bahaya. Area kerja yang berbeda membutuhkan pemilihan warna seragam kerja yang berbeda pula. Warna yang dipilih biasanya adalah warna yang berbeda secara kontras (mencolok) dengan kondisi lingkungan kerja.

Berikut adalah tips pemilihan warna pada safety wearpack dan coverall versi Boogie Apparel

Daftar Isi

1. Warna Biru atau Navy (Dongker)

warna wearpack coverall warna biru navy

Warna Biru pada safety wearpack dan coverall biasanya dipakai untuk lingkungan kerja yang cerah dan cenderung terlalu silau untuk mata memandang. Lingkungan kerja yang banyak terdapat peralatan logam seperti pabrik, kelistrikan, atau pergudangan dengan lalu lintas alat berat merupakan lingkungan yang pekerjanya harus menggunakan warna-warna gelap seperti biru atau dongker.

Sebaliknya, warna biru sangat tidak disarankan bagi lingkungan kerja di daerah lepas pantai (offshorre). Hal ini dikarenakan proses evakuasi akan lebih sulit dilakukan apabila terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan pekerja tercebur ke permukaan laut.

Lihat Wearpack Boogie

2. Warna Orange (Jingga) atau kuning

warna wearpack fire retardant fire fighter

Kebalikan dari warna biru dan dongker, warna orange atau kuning biasanya digunakan oleh pekerja di area lepas pantai karena berwarna kontras dengan warna laut. Selain itu warna orange dan kuning juga biasa digunakan untuk para pekerja konstruksi dan lalu lintas. Hal ini dikarenakan warna orange dan kuning terlihat secara kontras di lingkungan konstruksi yang biasanya dominan berwarna beton atau tanah merah.

Lihat Wearpack Boogie

3. Warna Merah

warna wearpack proyek merah

Seperti warna orange dan kuning, warna merah juga biasa dipakai di lingkungan lepas pantai karena berwarna mencolok dengan laut. Perbedaannya, warna merah lebih cenderung dengan warna peringatan.

Wearpack dan coverall berwarna merah biasanya dikenakan di area kerja yang mengandung potensi bahaya tinggi terutama dalam hal energi seperti bahaya kelistrikan, dan ledakan. Para pekerja yang berinteraksi langsung dengan potensi bahaya dapat lebih diawasi dengan menggunakan warna merah yang sangat mencolok dengan lingkungan kerja. 

Baca Juga: Mengenal 3 Bahan Pakaian Wearpack

Warna merah tidak direkomendasikan untuk lingkungan kerja yang berinteraksi dengan kobaran api seperti pengolahan besi atau pemadam kebakaran.

Lihat Wearpack Boogie

4. Warna Hijau

warna wearpack coverall hijau botol

Warna hijau biasanya dipakai untuk area pertambangan non hutan atau untuk kebutuhan logistik. Warna hijau cenderung mencolok di area kerja yang tidak alami seperti lalu lintas, pergudangan, dan lahan gundul. Jenis warna hijau yang sering dipakai adalah warna hijau botol karena lebih mencolok banding hijau lainnya.

Seperti warna biru, wearpack & coverall berwarna hijau tidak direkomendasikan penggunaannya di lingkungan kerja lepas pantai. Lingkungan kerja lainnya yang tidak direkomendasikan warna hijau adalah pertambangan hutan dan perkebunan.

Lihat Wearpack Boogie

5. Kombinasi Warna Two Tone

warna wearpack coverall two tone orange

Kombinasi warna two tone pada wearpack dan coverall biasanya dikenakan di lingkungan kerja terbuka dan bermedan gelap. Lingkungan yang cenderung bermedan gelap seperti pertambangan batu bara mengharuskan pekerja mengenakan pakaian dengan warna yang kontras.

Selain untuk medan gelap terbuka, kombinasi warna two tone terkadang dikenakan agar pakaian safety tidak cepat kotor. Warna gelap cenderung ada di sisi bawah pakaian yang lebih sering berinteraksi dengan debu dan kotoran. Kombinasi warna two tone juga terlihat lebih elegan dipakai untuk menambah rasa percaya diri dan kebanggaan para pekerja.

Lihat Wearpack Boogie

Bingung Pilih Warna Buat Wearpack Anda?

Pilih hasil terbaik dengan konsultasi bersama Expert Designer Kami!

Masih banyak pilihan warna yang dipakai oleh para pekerja yang membutuhkan perlindungan khusus. Boogie Apparel merupakan salah satu produksi seragam yang berfokus pada kebutuhan perlindungan (safety) untuk kenyamanan dan performa para pekerja. Pengalaman bertahun-tahun dan fokus Boogie Apparel untuk terus mengembangkan pakaian safety yang sesuai dengan tren kebutuhan customer menjadikan produk pakaian safety Boogie Apparel telah dipakai oleh ribuan instansi di Indonesia dan mancanegara.

Jika Anda ingin berkonsultasi secara gratis atau tertarik untuk bekerja sama dengan kami, silakan isi formulir di bawah ini dan tim kami akan segera menghubungi Anda.

Form Lengkap
Anda dapat memilih lebih dari satu
Anda dapat memilih lebih dari satu

Artikel Terkait