Boogie Corporate Industrial Medical Apparel Vendor Jaket

Bahan Cotton Combed: Jenis, Keunggulan, dan Perbedaan

Bahan Cotton Combed: Jenis, Keunggulan, dan Perbedaan

Daftar Isi

Bahan cotton combed adalah salah satu jenis bahan kaos yang sangat populer. Khususnya di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Namun, apakah Anda sudah mengetahui bahwa bahan cotton combed tersedia dalam berbagai jenis dengan karakteristik uniknya? 

Setiap jenis bahan cotton combed memiliki keistimewaan yang dapat Anda rasakan langsung saat mengenakannya. Jika Anda ingin memperdalam pengetahuan tentang katun combed. Ingin tahu jenis katun combed mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Artikel ini cocok untuk Anda karena pada artikel ini akan membahas lebih dalam tentang katun combed. Simak informasi selengkapnya!

 

Apa itu Bahan Cotton Combed?

Bahan cotton combed adalah jenis kain katun yang memiliki tingkat kehalusan tertinggi dibandingkan dengan jenis katun lainnya. Hal ini disebabkan oleh proses penyisiran atau ‘combing’ yang dilakukan sebelum serat kapas dipintal menjadi benang. Proses penyisiran inilah yang membuat harga dari katun combed lebih tinggi daripada katun biasa.

Keunggulan katun combed tidak hanya terletak pada kehalusannya. Tetapi juga pada kualitas dan ketahanan benangnya yang lebih unggul dibandingkan dengan katun biasa. Oleh karena itu, penggunaan katun combed tidak terbatas hanya pada pembuatan kaos.  Tetapi juga meluas ke produk lain seperti sarung bantal, taplak meja, dan berbagai jenis cover. Popularitas katun combed semakin meningkat. Mengingat bahan katun secara umum telah menjadi favorit banyak orang karena kenyamanan yang ditawarkannya

 

Proses Pembuatan Kain Bahan Cotton Combed

Bahan cotton combed merupakan jenis kain katun yang memiliki kelembutan luar biasa. Proses pembuatannya melibatkan penyisiran serat kapas sebelum diubah menjadi benang. Sehingga menghasilkan tekstur yang lebih halus. Tahapan ini juga menyebabkan harganya menjadi sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan katun biasa.

Pada awalnya, kapas dibersihkan dari kotoran dan biji melalui proses carding. Biji kapas ini kemudian bisa digunakan kembali atau diolah menjadi minyak cottonseed. Setelah proses carding, kapas disisir dengan mesin combing yang memiliki sikat lebih halus dan rapat. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan serat kapas pendek yang masih tersisa. Sebagian besar kapas akan menyusut dalam proses ini.

Hasil akhirnya adalah serat kapas lurus dan rapi. Kemudian dipintal menjadi benang katun combed. Bahan ini terkenal dengan kehalusan dan kenyamanannya saat bersentuhan dengan kulit, memiliki daya serap yang tinggi, dan tidak menimbulkan rasa gatal karena tidak berbulu. Selain itu, katun combed bersifat hypoallergenic. Membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi perusahaan untuk membuat kaos, kaos kaki, seragam, kaos polo, hingga sprei.

Baca juga: Tahapan Produksi Kaos pada Konveksi

 

4 Jenis Cotton Combed

Ada 4 jenis bahan cotton combed, diantaranya cotton combed 20s, cotton combed 30s, cotton combed 30s, dan cotton combed 40s. Berikut ini penjelasan detailnya mengenai perbedaan diantara keempat jenis:

1. Cotton Combed 20s

bahan cotton combed 20s

Sumber: CB Clothing

Bahan Cotton Combed 20s dikenal dengan seratnya yang lebih tebal jika dibandingkan dengan varian Cotton Combed lainnya. Keunggulan utama dari bahan ini terletak pada daya serapnya yang tinggi. Menjadikannya pilihan yang ideal untuk kaos dengan desain cetak sablon tebal atau sablon rubber. 

Selain itu, kaos yang terbuat dari Cotton Combed 20s memiliki kelebihan dalam hal kekuatan dan durabilitas. Membuatnya tahan lama meskipun digunakan secara berulang. Meskipun demikian, tingkat kehalusan Cotton Combed 20s lebih rendah dibandingkan dengan jenis Cotton Combed yang memiliki angka lebih tinggi. Artinya teksturnya sedikit kasar namun masih nyaman untuk dipakai

2. Cotton Combed 24s

bahan cotton combed 24s

Sumber: Bukalapak.com

Bahan Cotton Combed 24s merupakan jenis kain yang memiliki serat lebih halus dibandingkan dengan Cotton Combed 20s. Namun tetap mempertahankan ketebalan yang memadai. Karakteristik ini membuat Cotton Combed 24s sangat cocok untuk kaos dengan desain sablon cetak yang tebal karena dapat menyerap tinta dengan baik. 

Selain itu, kaos yang dibuat menggunakan Cotton Combed 24s terasa nyaman saat dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Mengingat bahan ini memiliki kualitas ketahanan yang baik. Kombinasi antara kehalusan dan ketebalan seratnya menjadikan Cotton Combed 24s pilihan yang ideal untuk berbagai kebutuhan pakaian. Khususnya yang membutuhkan keawetan dan kenyamanan bersamaan.

3. Cotton Combed 30s

bahan cotton combed 30s

Sumber: Knitto

Bahan Cotton Combed 30s menonjol karena keseimbangan sempurna antara kehalusan dan ketebalan yang ditawarkannya. Dengan tekstur yang lebih halus dan ringan dibandingkan dengan Cotton Combed 20s dan 24s. Cotton Combed 30s menjadi favorit untuk pembuatan kaos sehari-hari. 

Kelembutan dan ringannya ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan saat dipakai. Tetapi juga menjadikannya ideal untuk teknik sablon DTG (Direct to Garment). Jenis sablon lain yang mengutamakan detail tinggi dan permukaan kain yang halus. Kombinasi antara kenyamanan dan kesesuaian untuk berbagai metode pencetakan. Hal ini membuat Cotton Combed 30s pilihan yang sangat populer di kalangan pembuat kaos dan industri fashion.

Baca juga: Mengenal 5 Variasi Sablon Kaos Di Dunia Konveksi

4. Cotton Combed 40s

 

Sumber: Facebook 

Bahan Cotton Combed 40s dikenal sebagai jenis kain katun yang paling halus dan ringan di antara semua varian Cotton Combed. Kelembutan dan ketipisan seratnya memberikan kenyamanan maksimal. Membuatnya sangat cocok untuk digunakan dalam kondisi cuaca panas atau untuk produk fesyen premium. 

Sifat seratnya yang halus ini juga mempengaruhi pilihan teknik pencetakan. Cotton Combed 40s kurang sesuai untuk sablon dengan ketebalan yang signifikan. Sebaliknya, jenis kain ini ideal untuk sablon yang membutuhkan detail halus dan presisi tinggi. Dengan demikian, Cotton Combed 40s sering menjadi pilihan utama. Bagi mereka yang mencari kain berkualitas tinggi yang menawarkan kenyamanan dan keeleganan dalam satu paket.

 

Keunggulan Bahan Cotton Combed

Bahan cotton combed dikenal sebagai bahan yang halus, sejuk, nyaman, dan mudah menyerap keringat. Sehingga sangat nyaman dan cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia. Berikut ini keunggulan bahan cotton combed:

1. Kenyamanan Tinggi

Bahan Cotton Combed sangat dihargai karena kelembutannya yang luar biasa. Proses penyisiran yang dilakukan pada serat kapas menghilangkan bagian-bagian kasar dan serat pendek. Menghasilkan tekstur yang sangat lembut dan halus. 

Kelembutan ini memberikan kenyamanan maksimal bagi penggunanya. Terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau cenderung mengalami iritasi dengan bahan yang lebih kasar. Ini menjadikan Cotton Combed pilihan ideal untuk pakaian yang bersentuhan langsung dengan kulit. Mulai dari kaos, pakaian dalam, dan juga untuk pakaian bayi dan anak-anak.

2. Hipoalergenik

Bahan Cotton Combed memiliki sifat hipoalergenik karena terbuat dari serat kapas alami yang telah melalui proses penyisiran yang menyeluruh. Proses ini mengurangi potensi adanya iritan yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Menjadikan bahan Cotton Combed cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif. Karena sifatnya yang ramah terhadap kulit. Bahan Cotton Combed sering direkomendasikan untuk individu yang mengalami alergi atau masalah kulit.

3. Daya Serap Tinggi

Bahan Cotton Combed memiliki pori-pori yang dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu, kain ini juga nyaman digunakan terutama di cuaca panas dan lembap. 

Kemampuan menyerap keringat ini menjaga tubuh tetap kering dan sejuk. Membuat bahan ini ideal untuk digunakan dalam pembuatan kaos, pakaian olahraga, dan pakaian dalam. Daya serap yang tinggi ini juga membantu menjaga stabilitas warna dan bentuk pakaian meskipun sering dicuci.

4. Ketahanan dan Durabilitas

Meskipun bahan Cotton Combed dikenal karena kelembutannya. Bahan ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap pemakaian dan pencucian berulang kali. Seratnya yang kuat dan tahan lama membuat bahan Cotton Combed tidak mudah rusak, luntur, atau berubah bentuk. Menjadikannya pilihan yang ekonomis dan berkelanjutan untuk pakaian sehari-hari maupun pakaian khusus.

5. Kemudahan Dalam Pencetakan

Bahan Cotton Combed memiliki permukaan yang halus dan seragam. Menjadikannya sangat cocok untuk berbagai teknik pencetakan khusunya sablon. Permukaan kain yang rata memungkinkan tinta sablon menempel dengan rapi dan merata. Menghasilkan desain yang jelas dan tajam. Kemudahan ini sangat penting bagi industri fashion dan pakaian promosi, di mana detail dan kualitas cetak merupakan faktor penting.

6. Bervariasi dalam Ketebalan

Bahan Cotton Combed tersedia dalam berbagai jenis ketebalan, seperti 20s, 30s, dan 40s. Masing-masing memiliki karakteristik unik. Variasi ini memberikan fleksibilitas dalam pemilihan bahan sesuai dengan kebutuhan produk akhir. Baik untuk pakaian sehari-hari yang memerlukan ketahanan dan kenyamanan. Maupun untuk pakaian fesyen yang lebih halus dan premium.

7. Ramah Lingkungan

Sebagai bahan yang berasal dari sumber alam. Bahan Cotton Combed lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan serat sintetis. Proses produksinya cenderung lebih berkelanjutan dan memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah. Penggunaan bahan alami , seperti Cotton Combed mendukung upaya pelestarian lingkungan dan keberlanjutan industri fashion.

Boogie tempatnya pesan Kaos Seragam!

Cara Merawat Kaos Bahan Cotton Combed

Berikut ini cara merawat kaos cotton combed. Simak informasi di bawah ini:  

1. Pencucian

Proses pencucian yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas kaos Cotton Combed. Gunakan air dingin saat mencuci, karena air panas dapat menyusutkan serat kain dan memudarkan warnanya. 

Pilih deterjen yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras. Hindari pemakaian pemutih atau deterjen dengan bahan pemutih karena dapat merusak serat dan warna kain. Jika menggunakan mesin cuci. Sebaiknya pilih siklus lembut atau delikat. Hindari memenuhi mesin cuci terlalu penuh agar kaos tidak terlalu tertekan.

2. Pengeringan

Setelah mencuci, kaos Cotton Combed sebaiknya dikeringkan dengan cara dijemur di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna kain memudar dan merusak serat kain. 

Jemur kaos dengan posisi terbalik untuk menjaga warna luar kain. Hindari menggunakan pengering mesin karena panas yang tinggi dapat menyusut dan merusak serat kain.

3. Penyetrikaan

Jika perlu disetrika, gunakan setrika dengan suhu rendah. Kaos lebih baik disetrika dalam keadaan sedikit lembab untuk melindungi serat kain. Selalu gunakan kain penutup antara setrika dan kaos untuk mencegah kerusakan akibat panas langsung. Penyetrikaan dengan cara yang benar akan membantu menjaga kaos tetap rapi tanpa merusak serat.

4. Penyimpanan

Simpan kaos Cotton Combed di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Ruang penyimpanan yang lembab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan bau tidak sedap. Hindari penggunaan hanger untuk menyimpan kaos. Karena bisa menyebabkan kaos melar khususnya di bagian bahu. Lipat kaos dengan rapi dan simpan di lemari atau laci yang kering.

5. Penggunaan Pakaian

Hindari memakai kaos Cotton Combed untuk aktivitas yang membuat Anda banyak berkeringat tanpa mencucinya setelahnya. Keringat dan kotoran yang menumpuk bisa merusak serat kain dan menyebabkan kaos cepat usang. Jaga kebersihan kaos dengan mencucinya secara berkala dan sesuai kebutuhan.

6. Perlakuan Khusus pada Sablon

Jika kaos Cotton Combed Anda memiliki detail sablon, berikan perhatian khusus. Saat mencuci dan menyetrika, balik kaos sehingga sablon berada di dalam. Ini mencegah sablon terkelupas atau rusak karena gesekan atau panas langsung. Selain itu, hindari merendam kaos dengan sablon terlalu lama dalam air.

Kenali juga 20 jenis bahan kain lainnya

 

Demikian informasi mengenai jenis bahan cotton combed beserta keunggulannya. Jika Anda sedang mencari tempat untuk membuat seragam kantor, Boogie Apparel adalah pilihan yang tepat. Kami adalah perusahaan yang spesialisasi dalam pembuatan seragam kerja, dengan perhatian khusus pada aspek keselamatan dan kenyamanan para pekerja.

Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam membuat kaos safety yang selalu mengikuti tren dan kebutuhan pelanggan, seragam buatan kami telah banyak digunakan oleh berbagai instansi di Indonesia dan juga di negara lain.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau ingin bekerja sama dengan kami, Anda dapat mengisi formulir yang kami sediakan. Tim kami akan menghubungi Anda untuk memberikan konsultasi gratis dan membantu kebutuhan Anda secepatnya

Jika Anda ingin berkonsultasi secara gratis atau tertarik untuk bekerja sama dengan kami, silakan isi formulir di bawah ini dan tim kami akan segera menghubungi Anda.

Form Lengkap
Anda dapat memilih lebih dari satu
Anda dapat memilih lebih dari satu