Boogie Corporate Industrial Medical Apparel Vendor Jaket

Tips Merawat Baju Seragam Kerja Lapangan agar Awet

Tips Merawat Baju Seragam Kerja Lapangan agar Awet

Daftar Isi

Baju seragam kerja adalah pakaian yang wajib dipakai oleh seluruh karyawan saat bekerja di kantor. Baju ini biasanya memiliki desain dan warna yang sama untuk menunjukkan identitas perusahaan.

Pada artikel ini, Boogie Apparel Indonesia akan membahas mengenai tips merawat baju seragam kerja dan jenis seragam kerja lapangan. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih detail!

5 Tips Merawat Baju Seragam Kerja Lapangan

Baju seragam kerja lapangan merupakan pakaian yang penting bagi pekerja yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Baju ini haruslah tahan lama dan nyaman dipakai. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat baju seragam kerja lapangan agar awet dan tahan lama:

1. Cuci dengan Aman

Gunakan deterjen yang dirancang khusus untuk jenis kain pada seragam Anda. Hindari deterjen yang mengandung pemutih berlebihan, dan ikuti petunjuk pencucian yang tertera pada label baju. Pilih siklus pencucian yang tepat, dan hindari mencampur baju seragam dengan cucian yang berpotensi merusaknya.

2. Hindari Pemutih Berlebihan

Pemutih yang berlebihan dapat merusak serat kain, menyebabkan kelembutan berkurang, dan bahkan memudarkan warna. Gunakan pemutih secukupnya atau, jika memungkinkan, pilih deterjen yang sudah mengandung pemutih.

3. Pengeringan yang Tepat

Jemur baju seragam di tempat yang teduh dan berangin. Hindari sinar matahari langsung yang dapat memudarkan warna. Jika memungkinkan, keringkan secara alami daripada menggunakan pengering mesin yang panas berlebihan, karena panas dapat merusak serat kain.

4. Penyimpanan yang Benar

Pastikan baju seragam disimpan dalam lemari atau tempat penyimpanan yang bersih dan kering. Hindari menyimpan dalam kondisi lembab yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau bau tidak sedap. Jika memungkinkan, gantung baju dengan hanger agar tetap terjaga bentuknya.

5. Hindari Zat Kimia

Hindari kontak baju seragam dengan zat kimia yang berpotensi merusak kain, seperti cairan pembersih atau cat. Jika terjadi tumpahan atau noda, bersihkan segera dengan hati-hati menggunakan bahan yang sesuai agar tidak merusak kain.

 

3 Jenis Seragam Kerja Lapangan

Berikut ini 3 jenis seragam kerja lapangan yang sering dibutuhkan oleh perusahaan:

1. Rompi Safety

Baju seragam kerja

Sumber: Koleksi Asset Foto Boogie Apparel

Rompi Safety adalah seragam kerja yang simultan berperan sebagai Alat Pelindung Diri (APD). Lazimnya, seragam ini digunakan oleh berbagai kalangan pekerja, termasuk pekerja tambang, operator kendaraan, tenaga kerja gudang, petugas pemeliharaan jalan, aparat kepolisian, petugas parkir, dan profesi lainnya.

 

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan Rompi Safety adalah polyester yang telah dirancang secara khusus untuk tujuan tersebut. Rompi ini dilengkapi dengan pemantul cahaya atau reflektor, memungkinkan penggunaannya yang optimal baik pada siang maupun malam hari.

2. Wearpack

Baju Seragam Kerja

Sumber: Koleksi Asset Foto Boogie Apparel

Wearpack adalah seragam kerja lapangan yang mengintegrasikan atasan dan bawahan menjadi satu kesatuan. Pakaian seragam ini umumnya dikenakan oleh para pekerja yang beroperasi di sektor industri pertambangan, konstruksi alat berat, otomotif, perminyakan, dan sektor-sektor sejenis. Dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan di industri tersebut, wearpack terbuat dari bahan yang memiliki ketahanan tinggi, seperti denim atau jeans, serta kain drill.

3. Seragam Coverall

Baju Seragam Kerja

Sumber: Koleksi Asset Foto Boogie Apparel

 

Seragam pekerja lapangan di industri energi, seperti minyak dan gas, memiliki tujuan utama untuk melindungi pekerja dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di lingkungan kerja yang cenderung berbahaya. Desain seragam ini dipikirkan khusus agar dapat memberikan perlindungan optimal dan kenyamanan bagi para pekerja di sektor energi.

Seragam ini sering kali terbuat dari bahan yang tahan terhadap berbagai kondisi ekstrem, seperti bahan anti api untuk melindungi pekerja dari potensi kebakaran atau bahan yang tahan terhadap zat kimia yang digunakan di industri minyak dan gas. Selain itu, seragam ini juga mungkin dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti saku untuk menyimpan alat kerja, penanda reflektif untuk keamanan di malam hari, dan desain khusus agar memudahkan pekerja dalam beraktivitas.

Demikian informasi mengenai tips merawat baju seragam kerja beserta jenis seragam kerja. Bagi Anda yang ingin membuat seragam kerja, Anda bisa memesan di Boogie Apparel Indonesia. Perusahaan ini telah berdiri sejak 1991 dan telah menangani berbagai ribu klien.

Jika Anda ingin berkonsultasi secara gratis atau tertarik untuk bekerja sama dengan kami, silakan isi formulir di bawah ini dan tim kami akan segera menghubungi Anda.

Form Lengkap
Anda dapat memilih lebih dari satu
Anda dapat memilih lebih dari satu