Boogie Corporate Industrial Medical Apparel Vendor Jaket
baju karyawan

5 Jenis Baju Karyawan Proyek dan Fungsinya

5 Jenis Baju Karyawan Proyek dan Fungsinya

Daftar Isi

Baju kerja proyek merupakan atasan yang dikenakan guna mencegah debu di area kerja agar tidak melekat pada tubuh. Umumnya, pakaian keselamatan proyek berfungsi sebagai seragam bagi pekerja lapangan yang beroperasi di lokasi pabrik atau konstruksi. Meskipun demikian, pakaian ini tidak memberikan perlindungan terhadap paparan zat kimia berbahaya. Sebaliknya, baju pelindung dirancang khusus untuk melindungi pekerja dari risiko bahaya tertentu.

Kehadiran pakaian pelindung atau baju keselamatan sangat krusial, terutama bagi pekerja lapangan yang menghadapi risiko kecelakaan dalam pelaksanaan tugasnya. Pakaian pelindung ini memiliki peran yang sangat signifikan dalam menjaga keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan para pekerja. 

Baju kerja proyek menjadi suatu kebutuhan esensial untuk memastikan keselamatan kerja. Baju keselamatan kerja termasuk dalam kategori APD yang harus dijadikan sebagai standar saat menjalankan tugas. Berikut adalah 5 jenis pakaian yang umum digunakan oleh karyawan proyek beserta fungsinya. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

5 Jenis Baju Kerja Proyek dan Fungsinya

Ada 5 jenis baju kerja proyek. Berikut ini penjelasan lebih rincinya:

1. Model Coverall

baju karyawan

Sumber: Koleksi Asset Foto Boogie Apparel

Model coverall adalah jenis baju kerja proyek yang memiliki atasan dan bawahan terpisah. Tetapi keduanya dihubungkan dengan zipper yang panjang dari bagian kerah hingga pinggang. Zipper ini berfungsi sebagai penutup penuh yang memudahkan pengguna saat mengenakan atau melepaskan pakaian kerja. Dengan adanya zipper, pengguna dapat dengan cepat mengatur atau membuka pakaian. Tanpa harus melepas seluruh bagian atasan atau bawahan.

 

Model ini memberikan kepraktisan tambahan. Karena memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyesuaikan pakaian sesuai kebutuhan tanpa harus membuka seluruhnya. Selain itu, fitur zipper juga berguna ketika pengguna perlu cepat memakai atau melepaskan baju proyek di tengah-tengah pekerjaan.

 

2. Model Atasan-bawahan

baju karyawan

Sumber: Koleksi Asset Foto Boogie Apparel

Model potongan pada seragam proyek dianggap lebih nyaman untuk digunakan dalam menjalankan tugas proyek. Kelebihan utama dari model ini adalah kenyamanannya yang menjadi faktor penting ketika karyawan harus bekerja dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, model potongan ini sering kali dirancang dengan bentuk yang menarik. Memperhatikan estetika agar sesuai dan nyaman digunakan oleh pekerja laki-laki dan perempuan.

Baca Juga : PDH: Seragam Kerja Formal yang Harus Anda Miliki

Keistimewaan lain dari seragam dengan model potongan adalah kemungkinan adanya tambahan pita reflektor. Pita reflektor ini bukan hanya memberikan sentuhan desain yang menarik. Tetapi juga dapat meningkatkan tingkat keamanan di lingkungan kerja. Dengan adanya pita reflektor, seragam dapat dengan mudah terlihat dalam kondisi cahaya rendah atau gelap. Memberikan perlindungan tambahan bagi karyawan yang bekerja di lokasi proyek.

 

3. Model Safety Wearpack

wearpack

Sumber: Koleksi Asset Foto Boogie Apparel

Model safety wearpack dirancang secara khusus sebagai pakaian keamanan yang bertujuan untuk menjamin keselamatan para pekerja. Terutama di bidang-bidang tertentu. Pakaian dengan model ini dibuat dari bahan-bahan khusus yang dipilih dengan cermat. 

 

Bertujuan untuk memberikan tingkat kenyamanan optimal kepada para pekerja yang menggunakannya. Desain dan bahan yang digunakan pada safety wearpack ini memiliki fokus utama pada perlindungan dan kenyamanan. Bagi penggunanya di lingkungan kerja yang mungkin memiliki risiko tinggi.

 

4. Model Wearpack Biasa

baju karyawan

Sumber: Koleksi Asset Foto Boogie Apparel

Model wearpack biasa adalah jenis pakaian yang umumnya digunakan oleh pekerja dengan tingkat risiko yang lebih rendah. Desain wearpack ini cenderung lebih sederhana dibandingkan dengan model-model khusus keamanan atau safety wearpack. Meskipun dirancang dengan sederhana. Wearpack biasa tetap memiliki fungsi sebagai pakaian keselamatan atau keamanan.

 

Meski mungkin tidak memiliki fitur-fitur khusus seperti pakaian keamanan yang lebih canggih. Wearpack biasa dirancang untuk memberikan perlindungan dasar kepada para pekerja. Bahan yang digunakan dalam pembuatan wearpack ini biasanya dipilih untuk memberikan kenyamanan dan daya tahan yang cukup, sesuai dengan tingkat risiko pekerjaan yang lebih rendah.

5. Model Rompi Safety Biasa

rompi safety

Sumber: Koleksi Asset Foto Boogie Apparel

Model rompi safety biasanya digunakan sebagai pakaian kerja tambahan yang dikenakan di luar pakaian utama. Pakaian ini sering difungsikan sebagai lapisan luar untuk memberikan tambahan perlindungan atau identifikasi keamanan. Rompi safety cukup populer dan umum digunakan di berbagai proyek karena kemudahan penggunaannya dan sifatnya yang sering digunakan sebagai lapisan luaran.

Dengan seringnya penggunaan rompi safety sebagai pakaian luaran, pakaian ini membantu dalam memberikan identifikasi visual bagi pekerja di lapangan, serta memberikan tambahan perlindungan, terutama dalam proyek-proyek yang melibatkan berbagai risiko. Sebagai pakaian luar, rompi safety dapat dengan mudah dipakai atau dilepas sesuai kebutuhan, menjadikannya pilihan yang praktis dan efektif dalam lingkungan proyek yang dinamis.

 

5 Jenis Pekerjaan yang Menggunakan Seragam Baju Safety Proyek

Berikut ini adalah 5 jenis pekerjaan yang membutuhkan seragam baju safety proyek beserta gambarnya:

 

1. Pekerja Konstruksi

seragam safety

Sumber: Kompas

Pekerja konstruksi bertugas membangun dan memelihara infrastruktur, seperti jalan raya, jembatan, dan gedung. Mereka sering bekerja dengan alat berat dan bahan berbahaya, sehingga membutuhkan baju safety untuk melindungi diri dari bahaya.

 

2. Pekerja Tambang

seragam safety

Sumber: agincourtresources

 

Pekerja tambang bertugas menambang mineral dan bahan bakar dari bumi. Mereka bekerja di lingkungan yang berbahaya, seperti di bawah tanah atau di ketinggian, sehingga membutuhkan baju safety untuk melindungi diri dari bahaya.

Baca Juga: Wearpack: Fungsi, Fitur, Jenis, Desain, dan Bahan

 

3. Pekerja Pabrik

Seragam Safety

Sumber: atmago

Pekerja pabrik bertugas mengoperasikan mesin dan peralatan untuk memproduksi barang. Mereka sering bekerja dengan bahan kimia berbahaya dan mesin yang bergerak, sehingga membutuhkan baju safety untuk melindungi diri dari bahaya.

 

4. Petugas Pemadam Kebakaran

tahan api

Sumber: kompas

Petugas pemadam kebakaran bertugas memadamkan api dan menyelamatkan orang dari situasi berbahaya. Mereka bekerja di lingkungan yang penuh asap dan panas, sehingga membutuhkan baju safety yang tahan api dan panas.

 

5. Petugas Keamanan

Sumber: secom

Petugas keamanan bertugas menjaga keamanan suatu tempat atau barang. Mereka sering bekerja di malam hari atau di tempat yang rawan kriminalitas, sehingga membutuhkan baju safety untuk melindungi diri dari bahaya.

 

Nah itu dia 5 jenis baju kerja proyek beserta fungsinya. Bagi Anda yang ingin membuat baju seragam kantor, Anda bisa memesan di Boogie Apparel. Boogie Apparel Indonesia telah berpengalaman dibidang konveksi baju dan telah menangani berbagai jenis client baik perusahaan Swasta maupun Pemerintah.

 

Yuk, segera kunjungi Boogie Apparel Indonesia sekarang juga!

Jika Anda ingin berkonsultasi secara gratis atau tertarik untuk bekerja sama dengan kami, silakan isi formulir di bawah ini dan tim kami akan segera menghubungi Anda.

Form Lengkap
Anda dapat memilih lebih dari satu
Anda dapat memilih lebih dari satu