Boogie Corporate Industrial Medical Apparel Vendor Jaket
apa itu pdh

PDH: Seragam Kerja Formal yang Harus Anda Miliki

PDH: Seragam Kerja Formal yang Harus Anda Miliki

Daftar Isi

Pakaian dinas harian (PDH) merupakan pakaian kerja formal yang dikenakan oleh pegawai negeri sipil, karyawan swasta, dan lembaga-lembaga lainnya. 

PDH memiliki berbagai manfaat, antara lain meningkatkan profesionalisme, menciptakan kesan pertama yang baik, dan menunjukkan identitas perusahaan.

Bagi Anda yang ingin membuat seragam PDH, artikel ini tepat untuk Anda. Pada artikel ini, kami membahas mengenai pengertian PDH, cara merawatnya, dan perbedaan antara PDH dan PDL. Simak ulasan di bawah ini, agar lebih jelas lagi!

Apa Itu PDH?

Pakaian Dinas Harian (PDH) merupakan seragam kerja formal. Umumnya dikenakan oleh pegawai negeri sipil, karyawan swasta, dan individu-individu yang bekerja di lembaga-lembaga tertentu. 

Seragam ini bertujuan untuk menciptakan suasana kerja yang profesional dan menyetarakan penampilan para pekerja di berbagai sektor. PDH umumnya terdiri dari beberapa elemen, termasuk kemeja, celana panjang, dasi, dan sepatu pantofel. 

Desain dan warna PDH dapat bervariasi sesuai dengan kebijakan masing-masing lembaga atau perusahaan. Penggunaan PDH tidak hanya mencerminkan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan. Tetapi juga menciptakan identitas bersama serta meningkatkan citra dan representasi lembaga atau perusahaan di mata masyarakat. 

Selain itu, PDH juga dapat memberikan kesan formal dan rapi, memberikan penghormatan terhadap lingkungan kerja, dan meningkatkan kenyamanan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Dengan demikian, Pakaian Dinas Harian tidak hanya menjadi bagian dari aturan tata tertib di tempat kerja, tetapi juga menjadi simbol profesionalisme dan kekompakan di antara anggota tim atau lembaga.

Baca Juga: 10 pilihan model seragam sesuai demografi kantor anda

4 Manfaat PDH Untuk Seragam Kerja

Seragam Pakaian Dinas Harian (PDH) memberikan sejumlah manfaat yang penting untuk lingkungan kerja. Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan seragam PDH dalam konteks pekerjaan:

1. Identitas Bersama

Seragam PDH membantu menciptakan identitas bersama di antara anggota tim atau pekerja dalam sebuah lembaga atau perusahaan. Penggunaan busana yang seragam menciptakan kesan kesetaraan dan mengurangi perbedaan penampilan personal, sehingga meningkatkan rasa kebersamaan.

2. Professionalism

PDH menciptakan kesan profesionalisme dan kedisiplinan di tempat kerja. Desain seragam yang rapi dan konsisten memberikan kesan bahwa setiap anggota tim atau karyawan serius dalam menjalankan tugas mereka.

3. Pembeda dengan Lingkungan Non-Kerja

Seragam PDH membantu membedakan waktu dan lingkungan kerja dari waktu dan lingkungan non-kerja. Ini membantu menciptakan batasan yang jelas antara kehidupan profesional dan pribadi.

4. Peningkatan Citra Perusahaan

Penggunaan seragam yang baik dan seragam juga dapat meningkatkan citra perusahaan atau lembaga di mata masyarakat. Seragam yang rapi dan bersih mencerminkan profesionalisme dan dapat memberikan kesan positif kepada pelanggan atau mitra bisnis.

apa itu pdh

Perbedaan PDH dan PDL

Pakaian Dinas Harian (PDH) dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) adalah dua jenis seragam yang digunakan dalam konteks pekerjaan, terutama di lingkungan pemerintahan atau lembaga-lembaga tertentu. Berikut adalah perbedaan antara PDH dan PDL:

1. Tujuan Penggunaan

PDH (Pakaian Dinas Harian): Digunakan untuk keperluan sehari-hari di dalam kantor atau ruang kerja. PDH dirancang untuk menciptakan penampilan formal dan profesional di lingkungan kerja sehari-hari.

PDL (Pakaian Dinas Lapangan): Dirancang khusus untuk keperluan lapangan atau aktivitas di luar ruangan. PDL seringkali lebih nyaman dan dirancang agar sesuai dengan kondisi kerja di lapangan. Terutama untuk pekerjaan yang melibatkan mobilitas tinggi atau pekerjaan di lokasi proyek.

2. Komponen Seragam

PDH: Umumnya terdiri dari kemeja, celana panjang, dasi, dan sepatu pantofel. Desainnya lebih formal dan sesuai dengan norma-norma bisnis atau instansi tempat seseorang bekerja.

PDL: Biasanya mencakup kemeja atau kaos, celana atau celana pendek, dan sepatu atau sepatu bot yang nyaman untuk digunakan di lapangan. Bahan seragam PDL seringkali lebih tahan terhadap kondisi lingkungan yang beragam.

3. Fleksibilitas dan Kegunaan

PDH: Lebih bersifat formal dan kurang fleksibel. Cocok untuk kegiatan di dalam kantor, pertemuan bisnis, atau acara formal lainnya.

PDL: Lebih fleksibel dan dirancang untuk kegiatan di luar ruangan atau lapangan kerja. Dapat digunakan dalam aktivitas seperti survei lapangan, inspeksi, atau pekerjaan konstruksi.

4. Tampilan dan Kesan:

PDH: Menciptakan kesan profesional dan formal. Tampilan seragam ini lebih konservatif dan sesuai dengan lingkungan kerja kantor tradisional.

PDL: Memberikan kesan lebih kasual dan praktis. Seragam ini lebih bersifat fungsional, mempertimbangkan kebutuhan mobilitas dan kenyamanan di lapangan.

Cara Merawat PDH

Merawat Pakaian Dinas Harian (PDH) dengan baik dapat memperpanjang umur pakai dan menjaga penampilan seragam agar tetap terlihat rapi dan profesional. Berikut adalah beberapa tips cara merawat PDH

1. Pencucian yang Tepat

  • Ikuti petunjuk pencucian yang tertera pada label seragam. 
  • Pastikan untuk memperhatikan instruksi mengenai suhu air, jenis deterjen, dan cara pencucian yang direkomendasikan.
  • Hindari mencuci PDH bersama dengan pakaian lain yang berwarna gelap atau terang. Terutama pada cuci pertama, untuk menghindari risiko pewarnaan yang tidak diinginkan.

2. Setrika dengan Hati-hati

  • Gunakan setrika dengan suhu yang sesuai dengan bahan seragam. 
  • Beberapa PDH mungkin memerlukan setrika suhu rendah atau sedang agar tidak merusak serat kain.
  • Hindari menyetrika langsung pada bagian logo atau label, gunakan kain pelindung jika diperlukan.

3. Penyimpanan yang Tepat

  • Gantung PDH di gantungan baju yang cocok untuk menjaga bentuk dan mengurangi kemungkinan timbulnya kerutan. 
  • Hindari menggantung seragam di tempat yang lembab.
  • Simpan PDH di lemari yang bersih dan tertutup untuk melindungi dari debu dan kotoran. Pastikan lemari dalam keadaan kering.

Contoh Seragam PDH

Berikut ini contoh seragam PDH yang telah dibuat oleh Boogie Apparel:

1. Seragam Kerja WWF

Sumber: Koleksi Asset Foto Boogie Apparel

2. Seragam Kerja Mandiri

3. Seragam Kerja Gesits Indonesia

apa itu pdh

Sumber: Koleksi Asset Foto Boogie Apparel

PDH atau pakaian dinas harian merupakan pakaian kerja formal yang penting untuk dimiliki. PDH dapat membantu Anda tampil lebih profesional dan rapi. Serta menciptakan kesan pertama yang baik di hadapan klien atau pelanggan.

Jika Anda yang ingin membuat seragam PDH, Boogie Apparel solusinya. Boogie Apparel Indonesia merupakan perusahaan konveksi yang sudah berpengalaman membuat seragam PDH dengan bahan yang berkualitas.

Baca Juga: 4 Rekomendasi bahan Polo Shirt custom terbaik di indonesia

Perusahaan Anda ingin memiliki seragam kerja yang berkualitas, segera kunjungi situs Boogie Apparel Indonesia!

Jika Anda ingin berkonsultasi secara gratis atau tertarik untuk bekerja sama dengan kami, silakan isi formulir di bawah ini dan tim kami akan segera menghubungi Anda.

Form Lengkap
Anda dapat memilih lebih dari satu
Anda dapat memilih lebih dari satu